header

Riset Keyword Gratis Untuk Menembus Page One Google, 3 Coba Pakai Tools Ini!

2 komentar

Hi SobatMQ!
Mau tahu cara riset keyword gratis agar bisa menembus page one Google, why not?! Riset keyword merupakan bagian penting dalam perjalanan ngeblog saya. Seingat saya dulu, awal mula menulis di blog saya tidak terbayang untuk melakukan riset keyword terlebih dulu. Jangankan untuk riset keyword, mengetahui istilah ‘keyword’ saja masih terasa asing.

Pernah suatu kali dalam komunitas blogging yang saya ikuti, kami diminta untuk blog walking melalui kata kunci. Ya, menggunakan keyword. Jadi caranya, kita diminta mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari, kemudian pilih blog yang akan dikunjungi. Itulah, Kali pertama saya mendengar istilah ‘keyword’.

Nah, buat kamu yang baru menjajaki dunia blogging, saya paham sekali kalau kamu pun mengalami hal yang sama dengan saya. Melalui tulisan ini, insya Allah saya akan memberikan penjelasan secara simpel versi saya ya.

Disclaimer dulu ya bahwa saya bukan expert di bidang SEO, tetapi saya hanya praktisi SEO yang berbekal pengalaman dan pembelajaran dari banyak pengajar SEO. Jadi, informasi yang saya sampaikan berbeda dengan pemahaman kamu, harap maklum ya. 

Riset Keyword Gratis Agar Website Bisa Bersaing di Mesin Pencari


Sob, kamu mungkin bertanya 'mengapa kita perlu melakukan riset keyword?' Apa sih tujuan kita melakukan riset keyword? Tenang ya, saya akan menjabarkan satu persatu mengapa kita perlu melakukan riset keyword.

Tips Riset Keyword

Namun sebelumnya kita perlu menyamakan persepsi dulu mengenai makna riset keyword.

Keyword adalah kata kunci yang sering dicari oleh pengguna pada mesin pencari. Sedangkan, riset keyword atau dalam bahasa inggris sering disebut keyword research adalah metode yang digunakan untuk menentukan kata kunci yang cocok untuk digunakan sebagai materi inti artikel dalam blog.

Mengapa Riset Riset Keyword itu Penting?”

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa kita melakukan riset keyword tentu ada tujuan tertentu. Diantara banyaknya tujuan riset keyword sebagai berikut:

1. Mengetahui topik potensial yang banyak dicari oleh pengguna


Dengan melakukan riset keyword kita dapat mengetahui topik apa saja yang sering dicari oleh pengguna. Topik yang memiliki jumlah pencarian tertinggi ini yang sering dibidik oleh website untuk membuat sebuah tulisan. Jadi, bukan asal menulis ya, tetapi benar-benar membuat tulisan dengan tema yang banyak dicari pengguna.

2. Mengetahui jumlah pengguna internet yang mencari keyword bidikan


Keyword research juga dapat memberikan kita informasi berapa jumlah pengguna yang mengetikkan kata kunci tertentu. Dengan informasi ini kita bisa mempertimbangkan kata kunci mana yang harus dibahas terlebih dulu dan mana yang belakangan.

3. Mengetahui tingkat persaingan dari sebuah keyword


Kalau website kamu masih di level personal blog, salah satu manfaat riset keyword terutama adalah untuk melihat tingkat persaingan di mesin pencari. Kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi sebaiknya ditinggalkan. Bukan apa-apa, nanti tulisan kamu akan tenggelam di antara website-website besar.

4. Meningkatkan kualitas website di mesin pencari


Melakukan riset kata kunci dan menulis artikel sesuai dengan kriteria kata kunci yang benar, tentu saja akan berdampak pada penilaian website di mata search engine. Semakin banyaknya artikel dengan keyword yang kamu tulis dapat menembus halaman pertama terutama google, tentu saja akan berdampak pada performa website kamu.

5. Mendatangkan organic traffic


Apabila sebuah website bisa menembus halaman pertama atau kedua Google, maka semakin baiknya nilainya di mata mesin pencari. Efek besarnya tentu akan mendatangkan organic traffic ke blog kamu. Organic traffic adalah kunjungan halaman berdasarkan klik dari mesin pencari atau kunjungan yang natural. Bukan berdasarkan share link ke media sosial atau blogwalking.

Dengan adanya organic traffic ini kunjungan ke halaman website kamu semakin meningkat. Jadi kamu nggak akan kesulitan lagi menembus page view di atas 5.000-10.000 per bulan.

Tips Riset Keyword Gratis


Dalam melakukan riset kata kunci, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Berikut tips riset keyword gratis agar blog kamu bisa bersaing di mesin pencarian.

1. Sesuaikan dengan niche blog, target pembaca, atau persona blog


Sebelum kamu mencari kata kunci yang ingin kamu tulis, kamu perlu menyesuaikan dengan niche blog kamu. Misalnya niche blog kamu bercerita tentang traveling, maka sebaiknya kamu membuat list daftar kata kunci yang berhubungan traveling. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan persona blog kamu, usia, gender, lokasi, hingga artikel yang banyak dikunjungi di dalam blog kamu.

2. Gunakan keyword long tail


Keyword long tail adalah kata kunci yang memuat minimal 4-6 kata. Jika biasanya kata kunci umum yang diketikkan pengguna hanya 2-3 kata, maka gunakan kata kunci yang memuat lebih banyak kata. Misalnya "Biaya masuk SDIT 2024 di Jakarta". Sekali lagi sesuaikan keyword ini dengan fokus pada niche blog, persona blog, dan target pembaca.

3. Cari sebanyak mungkin keyword sebagai konten plan


Kamu bisa mencari keyword sebanyak mungkin sebagai bahan konten kamu selanjutnya. Awas! Jika sudah terlalu asik melakukan riset keyword kamu akan menemukan kesenangan tersendiri hingga lupa waktu hehe.

4. Gunakan kata kunci dari Google suggest dan related keyword


Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Goole berupa Google suggest dan keyword dari related search. keyword ini biasanya tersedia di bagian bawah setelah kamu mengetikkan satu atau dua kata kunci yang kamu bidik. Mesin pencari akan langsung memberikan beberapa opsi keyword lainnya. Kamu bisa memanfaatkannya untuk ide keyword kamu berikutnya.

Istilah-istilah Dalam Riset Keyword


SobatMQ, ketika kamu melakukan riset keyword, pasti kamu akan sering berhadapan dengan istilah-istilah berikut ini. Beberapa istilah dalam riset keyword berikut yang perlu kamu pahami.

Search Volume


Search volume adalah jumlah rata-rata pencarian kata kunci dalam satu bulan. Semakin besar search volume, artinya semakin tinggi popularitas sebuah kata kunci. Sehingga peluang untuk mendatangkan traffic juga lebih besar. Namun, volume tinggi juga akan diikuti dengan keyword difficulty yang tinggi juga.

Keyword Difficulty (KD)


Keyword Difficulty/KD adalah tingkat kesulitan sebuah kata kunci dalam mencapai peringkat tertinggi pada mesin pencari. Semakin tinggi keyword difficulty suatu keyword maka tingkat persaingannya juga semakin besar.

Cost per Click (CPC)


CPC atau Cost per Click adalah biaya iklan yang dibayarkan pada publisher setiap atau satu kali klik iklan yang tampil di blog. Bagi blog yang belum atau tidak memiliki adsense, kamu bisa mengecualikan adanya nilai CPC keyword. Karena CPC biasanya digunakan bagi blog yang telah memiliki adsense, agar segera bisa gajian (payout) dari Google.

Tools Riset Keyword Gratis


Sob, banyak sekali keyword generator yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset keyword. Apa saja keyword generator yang bisa digunakan sebagai tools untuk riset keyword secara gratis? Mari kita lanjutkan.

1. Ekstensi Whatsmyserp


Tool riset keyword gratis yang pertama adalah ekstensi whatsmyserp (WMS). Whatsmyserp adalah salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk mencari kata kunci yang berisi volume pencarian, nilai CPC, serta related keyword yang bisa kamu gunakan secara gratis tanpa batasan kata.

Untuk dapat menggunakan tools ini, terlebih dahulu kamu harus memasang beberapa extension di chrome. Beberapa tools yang perlu kamu pasang sebagai extension chrome adalah ekstensi Whatsmyserp, SERP Trends, serta SEO Quake. Ketiga tools ini bisa kamu pasang sebagai ekstension di Chrome untuk membantu mempermudah pencarian kata kunci.

Cara memasang ekstension nya kamu tinggal mendonlot extension Whatsmyserp, SERP Trends, serta SEO Quake. Setelah terpasang kamu bisa langsung menggunakannya. Jangan lupa untuk di pinned untuk setiap masing-masing ekstension ya.

Oh ya satu lagi, sebelum mengetikkan kata kunci menggunakan WMS, jangan lupa untuk setting lokasi Indonesia. Sekarang kamu bisa memulai riset keyword dengan whatsmyserp.

2. Ubersuggest


Kamu juga bisa melakukan riset keyword dengan menggunakan Ubersuggest lho. Caranya kamu tinggal sign saja ke Ubersuggest. Kemudian ketikan nama blog kamu, selanjutnya tinggal klik menu 'keyword research'.

Ubersuggest juga menampilkan beberapa informasi penting terkait Performa blog lho. Dengan mendaftar di Ubersuggest kamu juga akan mendapatkan beragam informasi lain berupa score SEO blog, jumlah organic traffic, jumlah backlink, hingga ide untuk riset keyword.

Namun sayangnya untuk versi gratis, riset keyword hanya terbatas hanya 3 pencarian saja.

3. Ahrefs sebagai keyword generator


Ahrefs juga bisa berfungsi sebagai keyword generator. Kamu bisa menuju Ahrefs keyword generator untuk mencari keyword yang dibidik. Riset keyword dengan Ahrefs keyword generator cukup mudah sekali, kamu cukup menuju Ahrefs keyword generator dan langsung melakukan riset keyword. Disini kamu akan mendapatkan informasi seperti angka search volume, keyword difficulty, waktu update, hingga level keyword kompetisi.

Kesimpulan


Demikianlah tips riset keyword gratis agar bisa menembus halaman pertama Google. Kamu bisa menerapkan tips di atas untuk blog kamu mulai sekarang ya. Oh ya, kamu juga bisa mengulik Google Search Console (GSC) untuk mengulik keyword lho. 

Semoga bisa membuat perbaikan ke arah yang lebih baik ke blog kamu. Sampai ketemu di postingan berikutnya ya. Kira-kira kamu mau bahas apa lagi tentang blog nih? Boleh komen ya.

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

2 komentar

  1. in yang saya lagi pelajari, cuman ahrefs ini berbayar ya
    ini lagi ngumpulin kekuatan untuk belajar mulai dari yang gratisan dulu ehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak, coba Pakai extension Whatsmyserp. Lebih gampang.

      Hapus

Posting Komentar