header

Ini Cara Melihat Page View Artikel di Google Search Console

7 komentar

Hi SobatMQ!
Setelah berkecimpung di dunia blogging, mau tidak mau saya juga harus menyesuaikan diri dengan peradaban eh keadaan. Jadi bloger dengan platform bentukan Google, barang tentu kudu banyak belajar dunia coding.

Meskipun nggak wajib, tetapi ini sudah menjadi kebutuhan. Apalagi jika kamu ingin melabeli diri sebagai seorang bloger profesional. Sebagai pengguna CMS (Content Management System) Blogger yang semuanya serba manual, mempelajari berbagai hal terkait pengaturan serta cara membaca page view adalah modal dasar memulai menjadi bloger profesional.

Sejak kelas Blogspedia Coaching tahun 2021, saya sudah digembleng mengenai cara setting Google Analytics dan fungsi Google Search Console. Begitupun cara membaca page view di Google Analytics. Saat ini Google analytics sudah beralih ke versi 4 (GA4).

Secara keseluruhan tidak ada perbedaan yang mencolok dalam membaca Google Analytics 4 (GA4) dengan versi sebelumnya.

GA4 terbaru mencantumkan event count dan pengaitan akun adsense yang lebih kompleks. Jujur saya tidak begitu tertarik kecuali hanya untuk membaca page view bulanan dan pageview artikel saja. Hal ini saya lakukan sebagai bahan evaluasi blog dan kebutuhan campaign.

Tapi saya kurang sreg dengan GA4 ini karena tidak bisa membaca jumlàh kunjungan secara real time. Ini pastinya sangat merugikan bagi publisher yang membutuhkan informasi pengunjung secara real time. Entah kenapa Google Analytic mengubah metodenya.

Baiklah mari kita lupakan sejenak perihal Google Analytics. Sekarang kita beralih ke Google Search Console. Sob, jika selama ini untuk melihat page view menggunakan Google Analytics. Mari kita lihat bagaimana hasil pembacaan jumlah pengunjung menggunakan Google Search Console.

Persiapkan beberapa poin ini untuk membaca page view menggunakan Google Search Console. Check this out ya.

Membaca Pageview dari Google Search Console, Persiapkan 2 Hal Ini


Saya biasanya sering sekali dikirimi email notifikasi dari Google Search console mengenai jumlah klik yang didapat di mesin pencari. Jumlahnya nggak seberapa sih dibandingkan dengan hasil page view dari GA4. Bisa dibilang jomplang sekali, seperti bumi dengan langit gitu hehe.

Kalau kamu bisa bandingkan jumlah pengunjung per satu artikel di Google Analytics versus Google search Console akan jauh berbeda. Kamu bisa buktikan sendiri dengan melihat hasil keduanya di akun GA4 dan GSC ya. Pastikan kamu juga sudah memasang Google Analytics di blog kamu ya.

Untuk membaca jumlah kunjungan di blog menggunakan GSC, kamu harus memastikan bahwa:

1. Sudah Mendaftar di Google Search Console


Untuk melihat hasil page view di GSC yang harus kamu siapkan pertama kali adalah akun GSC. Pastikan kamu sudah mendaftar Google Search Console ya. Kalau kamu belum mendaftar, sebaiknya daftar dulu menggunakan email yang sesuai dengan blog kamu.

2. Permalink Artikel yang Ingin dilihat Jumlah Pengunjungnya


Langkah kedua yang perlu disiapkan adalah url postingan yang ingin diketahui jumlah page viewnya. Setelah mempersiapkan keduanya, mari kita lakukan bagaimana cara melihat page view artikel di Google Search Console

Cara Melihat Page View Artikel di Google Search Console


Untuk melihat jumlah pengunjung di GSC kamu bisa langsung masuk ke Google Search Console. Bagi pengguna Blogspot bisa melalui dashboard blogger ya. Scroll ke bawah sampai ketemu menu Setting, cari Google Search Console.
  • Bisa juga langsung masuk ke link ini https://search.goole.com/search-sonsole/about
  • Masuk ke akun sesuai dengan email yang terdaftar
  • Klik menu di kiri atas, pilih 'performa'
  • Setting tanggal sesuai yang dikehendaki, misal kamu ingin melihat tanggal dari mulai artikel terbit hingga satu bulan kemudian. Format yang digunakan adalah tahun/bulan/tanggal ya, misal 2024/08/01
  • Klik tanda '+ New' di bagian kanan setelah tanggal
  • Pilih 'Page/Halaman'
  • Masukkan permalink postingan
  • Klik Apply/Terapkan

Maka akan muncul hasilnya seperti ini

Cara Melihat Pageview dari GSC

***gambar hasil pencarian**

Bagaimana? Mengagetkan hasilnya? hehehe. Tbh, saya juga kaget dengan hasil yang ada di GSC ini, namun hasilnya murni dari hasil pencarian di Google. Jadi total klik lebih natural. Jumlah klik Dan impresi ini tentu erat hubungannya dengan ranking artikel kita di mesin pencari Sob.

Jika hasil laporan GA4 dalam bentuk pdf, namun untuk bentuk laporan pengunjung di GSC dalam bentuk spreadsheet atau excel, Dan CSV. Untuk mendownload hasil page view GSC, kamu silahkan melakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Klik menu 'Eksport' dibagian kanan atas
  • Pilih sesuai yang kamu kehendaki, bisa menggunakan Google Sheet, Excel, atau CSV. Tapi versi CSV ini nggak support di hape tertentu ya. Lebih baik kamu donlot menggunakan Gsheet atau excel saja.
  • Selesai

Lebih Pilih GA4 atau GSC Untuk Melihat Page View?


Bagi saya pribadi untuk keduanya sama-sama penting. Kalau jumlah pengunjung di GA4 merepresentasikan semua kunjungan yang dilakukan oleh semua orang termasuk dari aktivitas share sosmed maupun blog walking. Intinya GA4 mencatat semua aktivitas kunjungan dari berbagai sumber.

Namun jumlah pengunjung yang tercatat di GSC berdasarkan total klik dan impresi yang ada di mesin pencari. Sebenarnya hasil jumlah perhitungan jumlah kunjungan per halaman dari GSC lebih natural berdasarkan kolom pencarian di search engine.

Jadi mana yang lebih nyaman digunakan? Kembali lagi, kamu ingin melihatnya dari mana. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Jika ingin melihat posisi artikel di mesin pencari tentunya akan terlihat di page view GSC. Tetapi jika ingin melihat total semua kunjungan dari segala arah, bisa lihat di GA4.

Keduanya bisa dijadikan bahan evaluasi untuk kemajuan blog kamu. Sekarang sudah paham cara melihat page view artikel di GSC? Next, kita akan membahas site audit blog, ada yang tertarik nggak?

Salam,
Yunniew
Tulisan MQ
Hi I'm Yunniew, nice to know that you sure interest visit to my blog. Here's my journey. If any inquiries or campaign please drop an email to Yunniew@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Senang banget kalau ada notifikasi dari GSC tentang jumlah klik dari google, jadi semangat untuk nulis lagi. Btw aku belum paham membaca dan memperbaiki kesalahan yang dinotif, hiks
    Ditunggu site audit blognya ya Kak

    BalasHapus
  2. Aku tetep pakai keduanya untuk mengecek untuk compare. Sama aku juga suka lihat total jumlah klik yang dikirim melalui email dari GSC. Biasanya per bulan yaa dikirimnya. Bikin semangat sih kalau lihat dari GSC, haha.

    BalasHapus
  3. Saya biasanya cek page view di GA4. Barusan nyoba membandingkan dengan hasil klik di GSC sesuai panduan artikel ini. Hasilnya, beda lumayan jauh, sekitar 200 klik. Saya ambil contoh artikel yang paling besar pv-nya.

    BalasHapus
  4. Terima kasih atas infonya, Mbak. Masih harus banyak belajar banget tentang fitur-fitur per-google-an utk blogging ini 😅 kemarin pas coaching baru fokus pada pemasangan dan aktifasi saja, belum benar-benar ngeh dengan fungsi dan cara menggunakannya. Jadi kalau untuk memantau performa blog kita, sehari-hari, lebih baik pakai GSC ya mbak?

    BalasHapus
  5. Yuk mbak lanjut tulisan audit blognya, hehe. Kayaknya kalo udah pasang GSC tiap bulan pasti dikirimi surat cinta sama GSC ya tentang rekapan performa blog kita selama sebulan. Btw, kalo job selama ini selalu pake pageview GA4 sih ya, kayaknya aku belum pernah nemu yg reportnya pake GSC. Tapi mending gitu lah, lha kalo mintanya dari GSC hasilnya bikin syok, gak seheboh di GA wkwk..

    BalasHapus
  6. Makasi infonya mbak. biasanya sy makainya GA4, ternyata GSC bisa juga yaa

    BalasHapus
  7. Aku lebih suka pakai GSC, lebih mudah dibaca kalo aku wkwk. Tapii baru tau kalo bisa liat per artikel. Makasih banyak mbak yuuun infonya.

    BalasHapus

Posting Komentar